Hi-tech Mall | Komunitas Informasi & Edukasi ICT

Toko Komputer

Cara partisi harddisk secara aman tanpa software di windows 7


Ini adalah merupakan salah satu kelebihan dari windows 7 ketimbang windows xp, bagi sahabat yang menggunakan windows 7, jika ingin mempartisi harddisk menjadi beberapa partisi tanpa menggunakan software, bisa diikuti langkah-langkah berikut ini :


 

  1. Klik kanan [computer] > pilih [manage]
  2. Pada jendela “computer management”, pilih [storage] kemudian pilih [disk management].
  3. Pada jendela sebelah kanan terlihat jumlah partisi yang telah ada. Kemuian klik kanan pada harddisk yang mau dipartisi. ( Kalau baru terdapat 1 partisi misal C: klik kanan pada partisi C:, kalau sudah ada beberapa partisi “seperti gambar dibawah” dan mau di partisi lagi maka klik kanan pada drive yang mau di partisi lagi ) kemudian pilih [Shrink Volume].
  4. Muncul “querying shrink space” dan tunggu sebentar.
  5. Muncul jendela shrink. Disini shobat diminta untuk menentukan volume partisi yang mau dibuat. Isikan saja berapa volume sesuai dengan yang shobat rencanakan. Setelah itu klik [Shrink].
  6. Maka akan muncullah partisi baru yang masih belum terformat atau free space ( lihat partisi dengan gambar hijau ). Sampai disini partisi baru masih belum bisa digunakan.
  7. Untuk memformat partisi agar bisa digunakan, klik kanan pada “free space” tadi kemudian pilih [new simple volume].
  8. Muncul [New simple volume wizard] > klik [next].
  9. Muncul jendela [specify volume size] > klik [next] lagi
  10. Muncul jendela [assign drive letter or path] > klik [next] lagi.
  11. Muncul jendela [format partition]. Pada file system pilih saja NTFS, kemudian pada volume label > isikan “nama label drive partisi anda”, kemudian klik [next].
  12. muncul jendela [completing the new simple volume wizard]. Sebelum klik finish lihat dulu informasi yang tertera. Kalau belum sesuai dengan keinginan shobat, klik [back], kalau sudah sesuai silahkan klik [finish]
  13. Maka partisi harddisk telah selesai dan siap untuk dipergunakan.

Untuk mengecek partisi yang baru, cobalah buka windows explorer. Bila prosesnya telah benar maka akan muncul partisi baru sesuai dengan label yang telah shobat buat tadi.

Bagaimana, mudah bukan ??!! Ternyata fitur-fitur yang ada pada windows 7 lebih memudahkan kita dalam mengatur konfigurasi dikomputer.
Pada windows xp untuk mempartisi harddisk dilakukan dengan menggunakan software semacam Norton partition magic, ranish partition manager, Eazeus Partition Manager dan masih ada yang lainnya. Bagi sahabat yang masih menggunakan windows xp, jika mau melakukan partisi harddisk bisa mengunduh softwarenya disini :
NPMPortable.exe,
eazeus partition manager .zip,
Ranish Partition Manager

Mempartisi harddisk merupakan hal yang lebih baik dilakukan pada sebuah computer. Dengan adanya beberapa partisi harddisk, maka kita akan bisa mengatur letak atau lokasi drive untuk system, dan drive untuk penyimpanan data. Dengan demikian jika suata saat windows mengalami crash, atau rusak, dan perlu untuk diinstall ulang, maka data yang disimpan akan tetap terjamin keamanannya. Selain hal tersebut, dengan mempartisi harddisk kita akan lebih mudah dan lebih cepat untuk melakukan defragmentasi, daripada harddisk yang tanpa partisi akan lebih mamakan waktu yang cukup lama. Partisi ini bisa juga bermanfaat untuk mencegah atau meminimalisasi adanya bad sector pada harddisk. Oleh karenanya saya tetap menyarankan agar harddisk yang hanya terdapat 1 partisi, lebih baik di partisi menjadi beberapa partisi.
Semoga artikel ini bisa membantu sahabat semua.

Thank ...semoga mendapatkan ilmu yang bermammfaat terus....

dah tak coba tu postinganya tapi sampai akhir takut kalau windowsnya jadi rusak nggak bisa boot jadi nggak saya terusin soale laptop saya HP bisa dipartisi tidak ya soale muncul pesan gini "operasi Anda pilih akan mengubah disk dasar (s) ke disk dinamis (s). jika Anda mengubah disk (s) untuk dinamis, Anda tidak akan dapat memulai sistem operasi yang terpasang dari volume pada disk (s) (kecuali boot volume saat ini). apakah Anda yakin Anda ingin melanjutkan? " tp pakai bahasa inggris itu sudah saya terjemahkan. mohon pencerahannya

bozz, punya gua jg kaya gitu. truz haruz pilih yg mana ''yes atau no''! mohon penjelasannya..

thanks atas penjelasannya,,,,sangat bermanfaat

gan, mau nnya dung.. itu kan klo mau buat partisi yg baru.. klo mau mindahin dari drive D (storage) ke drive C (system) gmn cara ny? drive c ane udah kepenuhan, jadi mau di bagi dikit memory ny dari drive D ke drive C.. mohon bimbingan ny.. makasih..

makasi booss..

makasih . . sangat bermanfaat banget tentunya??

mantaphzz.,bener thuu

mantap................

thanks berat friend......

saya sudah coba fren, tapi ngk bisa dipartisi. Saya baru beli HP ProBook. Proses membagi HD C jadi dua bisa, tetapi saat memori yang kosong (Yang dipartisi) tidak bisa diformat menjadi drive baru. Mohon bimbingannya. TQ

saya dah coba bro tapi ga bisa...mana HD C udah ke makan.mohon bimbingannya.

thx sbelumnya

saya juga sudah coba fren,sampai langkah 12 sudah bisa. tetapi setelah itu muncul pesan antara basic disk dan dinamic disk, dan pilihannya hanya "ok". setelah di oke kan ternyata gagal. laptop saya HP dm1 (merk hd : hitachi). kata vendor semua laptop merk hp gak bisa dipartisi. apa betul demikian????. Mohon bimbingannya. TQ

bisa kog dipartisi, labtop saya HP dan sudah saya partisi dari 2 drive menjadi 3 drive

Saya menggunakan laptop hp pavilyun dm1 notebook. ternyata hal ini tidak bisa dijalankan dengan baik. sampai dengan langkah 12 masih ok. tetapi setelah itu ada pesan, kira2 seperti ini : proses ini akan merubah basic disk ke dinamyc disk, dan kalau di "yes" kan maka akan muncul pesan : gagal. saya tanya ke vendor : katanya semua hardisk untul laptop "merk hp" tidak bisa dipartisi. padahal merk hardisk itu sendiri adalah "hitachi". pake epm, norton partition magic 8 pun gak bisa juga... tolonggggggggggggggggggglah aqqqq. mohon tanggapan.

terima kasih kak..... sanggat lengkap and bermanfaat x buat ane...... :D

Saya sudah mncoba dan berhasil, jadi sy punya partisi C dan E. namun ketika saya ingin menambah partisi kembali (mengambil size dari C) prosesnya terhambat. jadi hanya sampai tahap membuat partisi yang belum terformat sehingga masih belum bisa dipakai (masih unallocated), saya cb bbrp kali tahapan memformat (dengan cr new simple volume) pada akhirnya tidak diproses, yg ada hanya pesan Pada disk tersebut contains maximum number of disk volume. Bagaimana solusinya? dan apakah partisi yang belum terformat tersebut bisa dikembalikan ke drive C? Mhn responnya, terima kasih

Bisa dikembalikan kembali dgn menghapus partisi "unallocated" itu dan merize drive c: kembali ke semula dgn space yg kosong.. bila Disk management windows tidak bisa, Anda bisa menggunakan software Partition Wizard - Freeware bagus dan powerfull.
Partition Wizard Professional Edition v5.0 - Klik disini untuk download
Untuk rekan2 diatas yg kesulitan partisi bisa memakai software itu. Hanya hati2 bila menghapus suatu drive periksa ada data2 penting tdk.
Semua merek harddisk bisa dipartisi dan bisa diformat, untuk memindahkan space kosong antar drive bisa memilih Resize drive D dan Begining drive d: dimajukan sehinnga space kosong diantara C dan D, baru drive C di resize.
Buat yg bermasalah menformat partisi baru gunakan software itu jg. Windows kadang bermasalah dalam menentukan huruf/letter volume drive baru dan jika huruf/letter itu sudah dipake jg tdk mau. Pesan hati2 dalam mempartisi harddisk dan selalu planningkan dulu urutan2 mundur yg harus dikerjakan.. G.luck.

gimana caranya menghapus "unallocated"-nya? gak ada tombol atau pilihan buat delete.

bagaimana jika gagal trus spaya pengen jd seperti semula lagi bagaimana caranya?

tks informasinya...sangat...sangat...sangat berguna buat saya....

makasih banget infonya

saya memiliki netbook asus eepc 1215P , , saat install awal saya lupa untuk mempartisikannya , , setelah saya baca dan saya coba , , langkah saya terhambat setelah tahap yang ke - 12, setelah saya tekan finish tapi di layar muncul peringatan bahwa tak ada ruang yang cukup untuk menyelasaikan operasi tsb kira-kira masalah nya dimana y ?? makasih sebelumnya

gimana caranya menghapus "unallocated"-nya? gak ada tombol atau pilihan buat delete, krn hardisk yg telah di partisi tdk bisa di format. langkah pebuatan partisi hardisk telah sesuai dgn petunjuk spt diatas (1 - 12). mohon pencerahannya ,,,

saya mau partisi hdd untuk yg ke 2 kalinya. tapi kok ga bisa. malah muncul unallocated. gmana tuh? disk memori yg mau daya partisi sudah berkurang. mohon bantuannya.

terimakasih ya infonya.,. mantabs banget nih.,., jangan lupa mampir kesini juga ya : http://ict.unsri.ac.id/

tengkyu...sangat bermanfaat gan

makasih buat petunjuknya.... mantap n' nolong banget......

gimana nih gan? sudah terlanjur mengurangi kapasitas drive c. ngembalikan nya gimana?

Saya sdh coba partisi tetapi tdk muncul di explorer padahal sdh buat sesuai step yang gan buat malah muncul kata seperti ini "operasi Anda pilih akan mengubah disk dasar (s) ke disk dinamis (s). jika Anda mengubah disk (s) untuk dinamis, Anda tidak akan dapat memulai sistem operasi yang terpasang dari volume pada disk (s) (kecuali boot volume saat ini). apakah Anda yakin Anda ingin melanjutkan? " tp pakai bahasa inggris itu sudah saya terjemahkan. mohon pencerahannya

"operasi Anda pilih akan mengubah disk dasar (s) ke disk dinamis (s). jika Anda mengubah disk (s) untuk dinamis, Anda tidak akan dapat memulai sistem operasi yang terpasang dari volume pada disk (s) (kecuali boot volume saat ini). apakah Anda yakin Anda ingin melanjutkan? " tp pakai bahasa inggris itu sudah saya terjemahkan. punya gua jg muncul peringatan kaya gini. boz.. truz gua harus pilih yg mana ''yes atau no'' mohon penjelsannya

apa disk harus di kosongin dlu ?????

thanks gan bermanfaat ajibb..hahaa :D

untuk mengembalikan volum c: klik kanan extend volume

bagaimana menambah kapasitas di data C

Makasih buat materinya.. Dah dipelajari dan berhasil dipraktekkan.. Izin copas buat nambahin catatan dan di share..

puji syukur setelah masalah yg saya hadapi partisipasi hardisk selalu error akhirnya ketemu di situs ini. terimakasih sekali berkat anda sekarang drive di pc saya bisa di pakai lagi. terimakasih tuhan.

sangat berguna gan.. thx ya.. ijin copas ya gan hehe salam kenal :)

terima kasih banget informasinyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

punyaan saya kok gak bisa.knapa gan

apakah harus di backup dlu?

Sipp.berhasil gan. thx.

kunjngi blog saya : top-ilmu.blogspot.com

klik kanan di drive "unallocated" - kemudian pilih "extend volume..."

klo mau menghapus partisinya (kembali seperti semula) gimana gan?????

Terima ksh bnyk kawan... Bener2 ngebantu, kebetulan bru beli laptop...trus pengen di partisi. Pokoknya, sukses nih harddisk dah di partisi. Hati tenang. Haha!!!

permisi agan agan ko setelah saya partisi Systemnya(C) saat di restart ko malah lama masuk win7nya ya apa karena systemnya(C) terbagi dua

tanya mas... kalo udah partisi tapi muncul unllocated disk space, tapi gak bisa di shrink tu knapa ya??? http://kombetkampret.blogspot.com/2012/11/seragam-kerja-kantor-murah-di-...

kalo mau bikin partisi harus di format dulu ya... gan

Gan ko saya setelah ikutin urutannya berhasil, tpi stelah di restar ko ada tulisan booting missing ctrl+alt+del, jdi mesti gimana dong, apa hrus di install ulang

mantap gan infonya..

Postingan yg sangat berguna.. Daritadi bingung partisi yg unallocated.. terus searching nemu posting ini.. makasih banyak.. ^^d

gan ane mw nanya, kan partisi ane yang D bisa di format,tpi ko yang C malah ga bisa ya???pas mw diformat "size of avilable shrink space in MB" ,"enter the ammountof spaceto shrink in MB", dan "total size after shrink in MB" value nya 0 itu kenapa y???tlong dbntu y kalo tw

aduh.,., bang, kenapa jadi gini?? kejadiannya sama dengan beberapa teman yg diatas muncul peringatan tentang primary disk dan simple disk,, saya pilih OK, dan berhasil,, maslahnya knapa semua partisinya jadi simple disk semua?? Law kayak gini kan tidak bisa di installkan operation system lagi donk,,. tolong dong cara ngatasinnya.,.!! kirim ke emailku kalau tdk keberatan., fachriyusuf@yahoo.co.id

thx gan, saya mau nanya sedikit nih.. saya mau coba masukin disk yang kita shrink tadi ke disk c, tapi gak bisa terus bisa infokan caranya gak ?

thx gan sebelumnya..

aaaaaaaaaahhhhhhhhhhhhhhhhhh unllocated

postingannya MANTAP. barusan ane praktek dan alhamdulillah langsung berhasil. notebook ane HP Pavilion dm1 4000au

Nirwana Cell Nirwana Cell