Hi-tech Mall | Komunitas Informasi & Edukasi ICT

HT

Membuat Anyaman Dari Kertas

Selamat pagi semuanya...
Setelah kemarin membahas hal-hal yang serius, sekarang artikel yang ringan saja. Disini saya hanya sekedar sharing. Ini sebenarnya hasil karya anakku beberapa waktu lalu yang mendapat tugas dari gurunya untuk membuat anyaman dari kertas. Saya jadi teringat dulu saat sekolah dasar.... (sambil buka memory).
Ternyata disini dan di Indonesia, guru memberikan pelajaran ketrampilannya sama. Yang beda adalah kata pengantarnya.

Bahan yang diperlukan untuk membuat anyaman kertas, diantaranya adalah:
2 lembar kertas HVS beda warna (atau bisa juga menggunakan kertas padalarang, potong dengan ukuran yang dikendaki dan kertas manila warna-warni)
gunting
pisau cutter
pensil
penggaris
lem kertas

Cara membuat anyaman dari kertas sebagai berikut:
1. Ambil kertas HVS 1, buat garis-garis dengan pensil pada sisi lebarnya dengan jarak 0,5 cm.
2. Tepi kertas beri sisa 2 cm.
3. Potong bagian yang sudah diberi garis tadi dengan pisau cutter, jangan sampai putus.
4. Ambil kertas HVS 2, potong memanjang dengan gunting selebar 0,5 cm.
5. Siap dipakai untuk mulai menganyam.
6. Setelah selesai semua, rapikan.
7. Beri lem/rekatkan pada bagian tepi/sisa anyaman agar tidak terlepas.

Tips:
1. Ketika menganyam, gunakanlah  bantuan penggaris agar lebih mudah.
2. Motif yang diinginkan bisa digambar terlebih dahulu pada kertas lain.
3. Kertas padalarang bisa juga diganti dengan 1 lembar kertas buku gambar.

 

contoh gambar anyaman kertas
hasil karya anakku

Dari gambar anyaman kertas di atas, bisa dilihat bahwa potongan kertas masih besar kecil, hasil anyaman juga belum rapi tapi guru disini justru akan lebih menghargai mereka (murid) yang kreatif. Kelihatan kalau itu benar-benar karya murid.

Dukung anak-anak agar berkreasi, mengembangkan daya imajinasi dan ketrampilan mereka, Anda jadi pembimbing saja.

Semoga bermanfaat!

Contoh Motif Anyaman lainnya

Untuk membuat anyaman, sebenarnya bahan-bahan yang bisa digunakan beragam, tidak hanya dari kertas saja. Tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan, anyaman tersebut mau digunakan untuk apa. Juga untuk warnanya, bisa divariasikan sendiri sesuai kebutuhan. Kombinasikan warna anyaman agar motif tampak menonjol, jadi motif tersebut lebih ditekankan.
Bahan-bahan yang sering dipakai untuk membuat anyaman diantaranya adalah kertas, bambu, mendhong (bahasa Indonesianya apa ya?), pandan, dll.

Untuk motif anyaman, Anda bisa mengembangkannya sesuai kreasi Anda sendiri. Dan berikut ini adalah beberapa contoh motif anyaman (gambar motif anyaman):

gambar anyaman 1


 

 
gambar anyaman 2
gambar anyaman 3
gambar anyaman 4
gambar anyaman 5
gambar anyaman 6
gambar anyaman 7
gambar anyaman 8
gambar anyaman 9
gambar anyaman 10

Narti bikin anyamannya kayak anak SD deh,
Adakah diantara kalian yang dapat menemukan kalau gambar contoh motif anyaman di atas ada yang salah? (orang Jawa bilang, nganyamnya dompo). Bikin anyamannya sambil ngantuk :)
Semoga bermanfaat!

Baca juga:
Cara membuat pembatas buku.

thaanks

emh...... unyu "

emh...... bgus2x anyamn nx

anonymous contoh anyaman yang lainnya ada nggak tapi makasih kok

bagus2 motif nya, aku suka.. :)

trimakasih infonya.. mudah2 an lbih bermanfaat ya..

Thx... Telah memberi inspirasi utk tgs sekolah anak q ttg anyaman kertas

wah....... bagus-bagus motifnya yg bikin kreatif banget ( aku suka sekali motif itu s'mua)

bambong

HMMMM....thank's yach... akhir.y tgz anyaman selesai jga,, and,gambar.y unyu'' bangettttt.......................

Nirwana Cell Nirwana Cell